KUMPULAN ARTIKEL :

Jumat, 30 Juni 2023

MENILAI GANJAR DAN ANIES DILIHAT DARI HASIL SURVEY PENILAIAN INTEGRITAS DKI JAKARTA DAN JAWA TENGAH

MENILAI GANJAR DAN ANIES DILIHAT DARI HASIL SURVEY PENILAIAN INTEGRITAS DKI JAKARTA DAN JAWA TENGAH

"Kejujuran adalah mata uang yang berlaku di seluruh dunia, nilainya tetap dan tidak pernah fluktuatif. Gunakan dalam setiap transaksi kehidupan agar Anda mendapat point reward berupa kepercayaan."

~ Harry Slyman ~

Siapapun sepakat bahwa tindakan korupsi adalah merugikan negara dan rakyat. Tindakan korupsi merupakan wujud dari suatu bentuk ketidakjujuran. Itulah mengapa jujur atau tidak korupsi menjadi karakter pemimpin yang paling diminati oleh rakyat seperti yang ditunjukkan oleh hasil survey CSIS tentang Karakter Pemimpin yang Diminati Pemilih Muda pada Pemilu 2024 sebagaimana yang dapat dlihat pada gambar di bawah ini.

HASIL SURVEY CSIS MENGUATKAN HASIL SURVEY JAMES KOUZES DAN BARRY POSNER TENTANG JUJUR SEBAGAI KARAKTER UTAMA DARI SEORANG PEMIMPIN YANG DIKAGUMI

Hasil survey CSIS ini sejalan dengan hasil survey James Kouzes dan Barry Posner yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

HASIL SURVEY CSIS MENGUATKAN HASIL SURVEY JAMES KOUZES DAN BARRY POSNER TENTANG JUJUR SEBAGAI KARAKTER UTAMA DARI SEORANG PEMIMPIN YANG DIKAGUMI

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sama-sama pernah menjadi gubernur atau kepala daerah. Oleh karena itu, kita dapat menilai mereka secara komparatif dan obyektif dengan melihat hasil Survey Penilaian Integritas DKI Jakarta dan Jawa Tengah di samping dengan melihat integritas mereka akan anti korupsi yang tercermin dari pribadi mereka dan juga kebijakan-kebijakan yang mereka buat selama menjabat sebagai gubernur.

Dan dari hasil Survey Penilaian Integritas DKI Jakarta dan Jawa Tengah, Jawa Tengah bukan hanya menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan DKI Jakarta, melainkan juga lebih tinggi dibandingkan nilai nasional.

Ini artinya dalam masalah anti korupsi, Ganjar Pranowo lebih baik dibandingkan Anies Baswedan. Dan ini juga tercermin dari sederet penghargaan di bidang Anti Korupsi yang diperoleh oleh Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah.

Sederet Penghargaan Ganjar di Bidang Anti Korupsi

Dan sekali lagi, semua penghargaan dan hasil survey tersebut tidak lepas dari kebijakan-kebijakan Ganjar Pranowo dalam membangun dan mengembangkan budaya anti korupsi sebagaimana yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Strategi Ganjar dalam Menciptakan Iklim Anti Korupsi di Jawa Tengah

Yang hebatnya lagi, Ganjar Pranowo bukan hanya memperoleh banyak penghargaan di bidang anti korupsi, melainkan juga membuat gebrakan dengan menjadi pelopor dalam kebijakan anti korupsi. Tercatat ada 2 kebijakan Ganjar Pranowo yang merupakan pelopor dalam kebijakan anti korupsi yaitu Membangun Desa Anti Korupsi dan Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah.

Oleh karena itu, jika kejujuran dan anti korupsi merupakan kriteria dan karakter yang sangat penting dalam memilih calon presiden Indonesia di tahun 2024 nanti, maka saya lebih percaya pada Ganjar Pranowo dalam mengatasi masalah korupsi dan mengembangkan budaya anti korupsi dibandingkan dengan para capres lainnya.

Ganjar Pranowo berkata: "Korupsi adalah pengkhianatan terhadap rakyat". Dan saya percaya bahwa kata-kata tersebut bukan sekedar slogan, melainkan prinsip Ganjar Pranowo di mana itu sudah terbukti dari kebijakan-kebijakan yang dibuat dan dikembangkannya serta prestasi-prestasi atau penghargaan-penghargaan-penghargaan yang diperolehnya di bidang anti korupsi.

Dan sebagai penutup, saya ingin mengutip komentar Ketua KPK, Firli Bahuri, tentang Ganjar Pranowo dan kebijakan-kebijakannya yaitu : "Ada perbedaan ketika Pak Ganjar memimpin dengan slogan Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi. Yang fundamental, dengan mengubah mindset dan culture set bagi pejabat dan ASN di Jawa Tengah untuk selalu berintegritas, itu kuncinya."


Salam Cerdas Bernalar dan Beragama,


Max Hendrian Sahuleka


MENILAI PARA CAPRES SECARA KOMPARATIF :

PROFIL, PROGRAM DAN PRESTASI GANJAR PRANOWO :

PESAN-PESAN MORAL GANJAR PRANOWO :

ANALISIS KRITIS :

ARTIKEL-ARTIKEL LAINNYA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  • SHARE